Tentang Hijab

Bagi umat muslim, berhijab merupakan sebuah kewajiban mendasar. Islam telah mengatur batas – batas penggunaan hijab berdasarkan anatomi masing – masing. Adapun, batas hijab untuk laki – laki adalah diantara pusar dan lutut, sedangkan untuk wanita, seluruh tubuhnya wajib dihijab.

Bicara tentang berhijab, masih banyak pula para muslimah yang masih enggan menggunakannya. Alasan pekerjaan hingga jodoh, kerapkali diucapkan ketika ada yang menanyakan tentang hijabnya.

Alasan tidak menggunakan hijab

Penulis menemukan banyak sekali alasan mengapa para muslimah enggan berhijab. Sebagian besar berisi konten yang hampir sama persis. Berikut kami ringkas untuk anda :

  1. Takut disangka teroris
    Fenomena teroris dan islam extrimis sedang gencar – gencarnya disampaikan oleh media. Yang ternyata mampu menanamkan pola pikir dan pendapat yang salah tentang islam dan kewajiban berhijab.
  1. Takut tidak dapat kerja
    Persaingan kerja yang semakin tinggi, membuat para muslimah khawatir jika menggunakan hijab akan menghambat karirnya. Terlebih masih banyak perusahaan yang memberikan larangan pada karyawannya untuk berhijab.
  1. Jauh dari jodoh
    Paradigma jilbab kuno dan menjauhkan diri dari jodoh masih tertanam kuat pada pikiran beberapa orang. Khawatir tidak akan menemukan jodoh jika berhijab, dengan anggapan berhijab itu menutupi kecantikan wanita.
  1. Hijab hati dulu
    Salah satu alasan yang biasanya paling mendasar adalah ketidaksiapan hati untuk berhijab. Banyak yang mengatakan khawatir dengan tingkah lakunya yang sekarang, akan mengubah citra hijab. AKhirnya memutuskan untuk memperbaiki diri terlebih dahulu.
  1. Banyak muslimah sukses yang tidak menggunakan hijab
    Alasan lain yang juga membuat para muslimah enggan berhijab adalah public figure. Banyak public figure yang ditampilkan di media elektronik, dengan segudang prestasi, namun mereka tidak berhijab.

DIbalik alasan – alasan penolakan penggunaan hijab, ternyata, menggunakan hijab memiliki banyak manfaat. Baik manfaat didasarkan dari penelitian medis/kesehatan, hingga manfaat lain yang menguntungkan bagi wanita.

Kewajiban Berhijab

Untuk seorang wanita muslim, berhijab adalah sebuah kewajiban yang tertulis pada kitab suci umat muslim, yakni Al-Qur’an.

“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”” (QS. Al Ahzab: 59).

Juga diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiallahu‘anha, beliau berkata, Asma’ binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullahshallallahu‘alaihi wasallam pun berpaling darinya dan bersabda, “wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini”, beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya”. (HR. Abu Daud, hasan).

Manfaat Berhijab Secara Medis

Secara medis, banyak sekali manfaat berhijab yang belum orang ketahui. Salah satunya adalah menghindari endometriosis (Gangguan Kesuburan) yang diakibatkan oleh kebiasaan menggunakan celana ketat (yang paling sering digunakan, celana jeans). Selain menghindari endometriosis, ada banyak manfaat dari segi medis yang telah kami himpun, diantaranya :

  1. Memperlambat penuaan dini bagi wanita
    Banyak terpapar matahari dapat merusak jaringan elastin dan kolagen para kulit, sehingga menyebabkan hilangnya elastisitas dan kelenturan kulit yang menyebabkan terjadinya keriput pada kulit.
    Dengan memakai hijab, tubuh terlindungi lebih baik dibandingkan menggunakan lotion dengan SPF tinggi.
  1. Menjaga Kesehatan Rambut
    Hidup di negara dengan iklim tropis, dan melakukan kegiatan yang membutuhkan mobilitas tinggi dapat membuat rambut terkikis kelembaban dan kesehatannya. Paparan debu, asap dan sinar matahari dapat menimbulkan ketombe dan gatal – gatal pada rambut.
    Menggunakan hijab dapat memelihara kelembaban dan kesehatan rambut dan menjaganya dari paparan debu, asap dan polusi.
  1. Mencegah Terjadinya Kanker Kulit
    Paparan sinar UV yang berlebihan pada kulit, dapat merusak dan membunuh DNA pada sel kulit dan merubahnya menjadi sel tumor pemicu kanker kulit. Dengan berhijab, kulit akan lebih terlindungi dari paparan sinar UV berlebih.

Manfaat Lain dari Berhijab

  1. Melindungi dari Pelecehan Oleh Laki – Laki
    Kebanyakan laki – laki tidak akan bersiul atau melakukan hal aneh ketika perempuan berhijab lewat. Faktanya, laki – laki melihat perempuan menggunakan hijab seperti sebuah tanda batas bahwa mereka tidak akan dapat mendekati perempuan itu. Muslimah memiliki kesempatan lebih rendah untuk dieksploitasi sisi feminim dan kecantikan mereka untuk dibandingkan dengan wanita lain.
  1. Mengurangi Kompetisi Antar Perempuan
    Di negara – negara barat, banyak wanita yang dikenal rela mengorbankan kesehatan dan keuangannya hanya untuk melakukan sebuah operasi plastic yang mahal dengan tujuan memenuhi standar kecantikan yang tidak realistis. Namun, dengan menggunakan jilbab, muslimah dapat melakukan tugas – tugasnya dengan normal tanpa mengkhawatirkan penilaian orang tentangnya.
  1. Membuat orang lain tidak menilai dari penampilan
    Hijab bermanfaat untuk muslimah dengan memaksa orang lain, terutama laki – laki untuk tidak menilai melalui penampilan luar dan fokus menilai pada intelektual wanita. Daripada menilai wanita atas pemikirannya, masyarakat biasanya menilai dirinya berdasarkan ciri – ciri fisik.
    Banyak yang benar – benar terkejut bahwa seorang muslimah yang menggunakan hijab ternyata juga cerdas dan berpendidikan.

Begitu banyak manfaat berhijab bagi seorang wanita muslim. Tentunya, kita yang sudah paham tentang kewajiban berhijab, memiliki tanggung jawab untuk memahamkan saudara wanita muslim lainnya tentang kewajiban berhijab.

Itulah semua tentang serba – serbi berhijab. Dari alasan menolak, hingga banyaknya manfaat yang tak kalah banyaknya.

Jadi,

Yuk Berhijab.

Leave a Reply