Pernahkah kamu memikirkan, ketika kamu bangun tidur, badanmu terasa ringan. Bergerak pun terasa mudah. Menjalani aktivitas juga jadi bersemangat.

Itu karena kamu sehat. Karena tubuhmu memiliki metabolisme yang baik, dan kebugaran yang tinggi. Pun sisi baik lainnya, tidak banyak lemak bersarang ditubuhmu yang mengganggu kinerja organ bagian dalam tubuh.

Sehat Itu Mudah

Dengan gaya hidup sehat, kamu bisa menjalankan hari – harimu dengan lebih semangat. Dan tentunya lebih bergairah. Sehat itu mudah loh.

Nggak ada lagi yang dinamakan “mager” atau “malas gerak” yang menghambat aktivitas dan produktivitasmu.

Mendapat gaya hidup sehat itu gampang – gampang susah. Menjalankannya bukan hanya butuh “niat” melainkan juga konsistensi dan sikap “keras” untuk memacu diri sendiri terutama kalau soal makanan.

Tapi, bukan berarti mau menerapkan gaya hidup sehat itu harus makan makanan semacam makanannya selebgram dan supermodel terus – terusan. Bisa over budget kita.

Sembutopia mengajak kalian semua untuk menyembuhkan Indonesia dengan slogan “Mari Sembuhkan Indonesia” dengan cara mengajak kita untuk hidup sehat. Sesungguhnya, gaya hidup sehat itu sangat simpel dan murah, bisa dimulai dari hal – hal kecil berikut ini :

Kurangi makan gorengan

no more gorengan

visitbandung.info

Siapa sih yang nggak suka gorengan? Orang indonesia gitu. Lagi laper, tapi belum mau makanan berat, nyemilnya gorengan. Makan nasi, lauknya gorengan dan sambal. Kumpul sama temen, suguhannya gorengan. Bahkan, buka puasa, yang notabene kita sedang melatih tubuh untuk menjadi lebih sehat, makannya juga gorengan.

Kalian harus tau, bahwa mengkonsumsi gorengan dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu lama, bisa mengundang penyakit – penyakit serius. Sudah digoreng dengan minyak trans, adonannya pun mengandung micin yang tidak sedikit.

Lalu, bagaimana caranya mengurangi/berhenti makan gorengan?

Menurut alodokter, salah satu upaya untuk mengurangi risiko buruk mengkonsumsi gorengan, adalah :
mengganti minyak trans atau minyak yang telah mengalami hidrogenasi dengan jenis minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun, kanola, jagung, biji bunga matahari dan minyak wijen.

Saran tersebut cukup mudah diikuti, selama kita hanya mengkonsumsi gorengan yang kita masak sendiri. Bukan gorengan yang dijajakan di pinggir jalan.

Namun, kalau kita lebih sering membeli gorengan yang dijajakan dipinggir jalan, cara ini tergolong mudah dan masuk akal.

Jangan makan gorengan sedikit pun selama 30 hari.

Kok 30 hari? Sebagaimana mengubah karakter manusia (yang butuh repetisi selama minimal 40 hari), mengurangi kebiasaan buruk memakan gorengan pun butuh effort yang tidak sedikit. Rekan penulis telah mencobanya sejak ramadhan tahun lalu, dan berhasil.

Makan Buah dan Sayur yang cukup

Kenapa kamu harus makan buah – buahan dan sayur yang cukup? Tubuh kita ini perlu vitamin dan mineral kawan. Selain itu, kita juga butuh serat untuk melancarkan metabolisme tubuh kita.

Buah dan sayur berfungsi melindungi kesehatan kita secara alamiah juga melawan beberapa jenis penyakit, bahkan penyakit serius. Buah dan sayur memiliki kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Gambar berikut menjelaskan sedikit ulasan tentang khasiat buah dan sayur berdasarkan warnanya sekaligus kandungan gizi yang dimilikinya.

rebootwithjoe.com

 

Olahraga minimal 30 menit/hari

Olahraga minimal 30 menit setiap harinya itu, bukan berarti 30 menit tiap hari kita ke gym atau tempat fitness ya. Bisa tekor kalau tiap hari ke gym. Kadar waktu oleharaga, biasanya ditentukan oleh berat badan seseorang. Apabila berat badan seseorang sudah dikatakan ideal, 30 menit merupakan waktu yang cukup untuk berolahraga.
Saat ini, olahraga menjadi sangat mudah. Bahkan pencatatan dan bentuk olahraganya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Banyak aplikasi – aplikasi di Android dan IOS yang bisa jadi personal trainer untuk kegiatan olahraga kita setiap hari.

Tampilan 30 Day Fitness Challenge

Saya pribadi menggunakan aplikasi 30 Day Fitness Challenge sebagai aplikasi olahraga khusus dan Google Fit sebagai aplikasi olahraga umum dan pencatatannya. Aplikasi 30 Day Fitness Challenge sendiri, berisi banyak daily routine, atau kegiatan olahraga harian yang disesuaikan dengan kebutuhan kita

Tampilan Google Fit

Selain menggunakan aplikasi sebagai reminder kegiatan, ada banyak jenis olahraga yang simpel dan mudah dilakukan. Salah satunya adalah dengan berjalan 10.000 langkah setiap harinya. Intinya, kita harus banyak bergerak. 

Minum Banyak Air

Salah satu hal yang sering diingatkan oleh para ahli soal menjaga hidup sehat adalah banyak mengkonsumsi air. Sekitar 80% tubuh manusia adalah air. Kekurangan air bisa menyebabkan dehidrasi yang akan mengganggu kinerja organ tubuh.

Salah satu kinerja organ tubuh yang akan sangat terganggu jika kita sedikit mengkonsumsi air adalah Ginjal. Ginjal merupakan organ sekresi tubuh manusia yang membutuhkan air untuk melakukan pembuangan zat – zat berbahaya pada tubuh manusia. Berikut ini adalah infografis manfaat mengkonsumsi air putih bagi tubuh.

infografiskesehatan.blogspot.com

Jaga Kesehatan Pikiran

Selain menjaga kesehatan tubuh, menjaga kesehatan pikiran juga perlu lho. Keadaan pikiran yang stabil, membuat kinerja organ tubuh menjadi baik. Pikiran yang terganggu, bisa menyebabkan terganggunya pula kinerja organ tubuh.

Pernah mengalami ini? Ketika sedang stress, nafsu makan tiba – tiba jadi meningkat atau bahkan menghilang. Keduanya bisa mengganggu kinerja organ tubuh. Ketika stress dan nafsu makan bertambah, tidak sedikit dari kita yang tidak peduli apa yang kita makan saat itu.

Yang penting mampu meredakan stress, pikir kita. Padahal, dalam keadaan pikiran tidak baik, mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi kadar gula bisa jadi petaka di kemudian hari. Apalagi kalau kita termasuk orang yang ketika stress, justru kehilangan nafsu makan. Tubuh akan menjadi lemah dan lemas, sekaligus serangan penyakit saluran pencernaan akan mulai berdatangan.

Website Alodokter, memberikan beberapa tips mudah untuk menghilangkan stress. Cocok untuk diimplementasikan jika kita sudah merasa terlalu banyak beban pikiran.

  • Mengeluarkan semua unek-unek
  • Olahraga
  • Meditasi
  • Jalani hobi Anda
  • Jalani hidup pada masa sekarang
  • Jaga diri Anda

Sehat Itu Nikmat

Sehat itu adalah nikmat yang tidak terhingga. Kita bisa menjalani hari tanpa perlu merasa khawatir, tanpa merasa lelah atau lemah. Bahkan kita bisa merancang masa depan dengan lebih bersemangat tanpa perlu dibayang – bayangi rasa takut akan penyakit kronis di hari tua, apabila sedari dini kita sudah mencegahnya.

Jadi, tunggu apa lagi?

Mari sembuhkan indonesia bersama Sembutopia dan jadi bagian dari gaya hidup sehat untuk indonesia yang lebih sehat.

Leave a Reply